Nama : Intan Dwi Anggraeni
NPM : 13110563
Kelas : 4KA23
Tugas ke-3 Pengantar Telematika
1. Jelaskan salah satu metode yang
digunakan untuk mengamankan layanan telematika!
2.
Jelaskan menurut pendapat masing-masing tentang salah satu contoh kasus yang
terdapat dalam kehidupan sehari-hari mengenai gangguan yang muncul dalam
mengakses layanan telematika!
3. Apa perbedaan metode pengamanan
layanan telematika antara perangkat yang menggunakan kabel dengan
perangkat wireless?
Jawab
1. Contoh
metode pengamanan terhadap layanan telematika:
· Metode
Kriptografi
Kriptografi digunakan untuk mencegah
orang yang tidak berhak untuk memasuki komunikasi, sehingga
kerahasiaan data dapat dilindungi. Secara garis besar, kriptografi digunakan
untuk mengirim dan menerima pesan. Kriptografi pada dasarnya berpatokan pada
key yang secara selektif telah disebar pada komputerkomputer yang berada
dalam satu jaringan dan digunakan untuk memproses suatu pesan.
Ada beberapa metode enskripsi,
diantaranya :
1.
DES
DES adalah mekanisme enskripsi yang
sangat popular dan banyak digunakan. Ada banyak implementasi perangkat lunak
maupun perangkat keras DES. DES melakukan transformasi informasi dalam bentuk
plain text kedalam bentuk data terenskripsi yang disebut ciphertext melalui
algoritma khusus dan seed value yang disebut dengan kunci. Bila kunci tersebut
diketahui oleh penerima, maka dapat dilakukan proses konversi dari ciphertext
kedalam bentuk aslinya.
2.
Contoh
dari kasus dalam layanan telematika adalah modification, yaitu suatu
pihak yang tidak berwenang dapat melakukan perubahan terhadap suatu asset.
Contohnya perubahan nilai ujian.
3.
Layanan-layanan
yang terdapat pada telematika adalah:
· Layanan
Informatika di Bidang Informasi
Penggunaan telematika dan aliran
informasi harus berjalan sinkron dan penggunaanya harus ditujukan untuk
meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan kemiksinan dan
kesenjangan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu,
teknologi telematika juga harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan
politik dan budaya serta meningkatkan keharmonisan di kalangan masyarakat.
Salah satu fasilitas bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yaitu melalui
internet dan telepon. Ada baiknya bila fasilitas publik untuk mendapatkan
informasi terus dikembangkan, seperti warnet dan wartel. Warung Telekomunikasi dan
Warung Internet ini secara berkelanjutan memperluas jangkauan pelayanan telepon
dan internet, baik di daerah kota maupun desa, bagi pelanggan yang tidak
memiliki akses sendiri di tempat tinggal atau di tempat kerjanya. Oleh karena
itu langkah-langkah lebih lanjut untuk mendorong pertumbuhan jangkauan dan
kandungan informasi pelayanan publik, memperluas pelayanan kesehatan dan
pendidikan, mengembangkan sentra-sentra pelayanan masyarakat perkotaan dan
pedesaan, serta menyediakan layanan “e-commerce” bagi usaha kecil dan menengah,
sangat diperlukan. Dengan demikian akan terbentuk Balai-balai Informasi. Untuk
melayani lokasi-lokasi yang tidak terjangkau oleh masyarakat.
· Layanan
Keamanan
Layanan keamanan merupakan layanan yang
menyediakanan keamananinformasi dan data. layanan terdiri dari enkripsi,
penggunaan protocol, penentuan akses control dan auditin. Layanan
keamanan memberikan fasilitas yang berfungsi untuk memantau dan memberikan
informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi tidak seharusnya.
dengan kata lain layanan ini sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam
jaringan tidak mudah terhapus atau hilang. Kelebihan dari layanan ini
adalah dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan. Contoh layanan
keamanan yaitu:
a. navigation assistant
b. weather,stock information
c. entertainment and M-commerce.
d. penggunaan Firewall dan Antivirus
0 komentar:
Posting Komentar